Laporan Tahunan Rektor Universitas PGRI Yogyakarta

Dituliskan tanggal: 11 December 2008

Rektor Universitas PGRI Yogyakarta Bapak Prof Dr. Buchory MS, M.Pd. Dihadapan para 400 wisudawan dan wisudawati serta tamu undangan menyampaikan laporan tahunan tepatnya pada hari Kamis Pon tanggal 11 Desember 2008, merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Universitas PGRI Yogyakarta karena kita memperingati hari kelahirannya yang pada tahun ini genap berusia 46 tahun. Usia 46 tahun ini dihitung sejak berdirinya IKIP PGRI Yogyakarta tanggal 11 Desember 1962, sementara itu sejak 25 Juni 1997 berubah menjadi universitas.

Dengan mengacu pada visi, misi, tujuan, dan motto UPY, tema Dies Natalis yang ke-46 ini adalah Menyatukan langkah dan meningkatkan profesionalitas sivitas akademika menuju terwujudnya visi UPY. Berkenaan dengan tema tersebut, telah diselenggarakan berbagai macam kegiatan. Dalam bidang akademik, diselenggarakan workshop dan pelatihan sistem penjaminan mutu, seminar internasional, lomba karya tulis Ilmiah antar mahasiswa, dan sosialisasi Program Pendidikan Profesi Guru. Kegiatan lomba olahraga dengan melibatkan dosen, karyawan, dan mahasiswa seperti footsal, bola voli, dan bulutangkis. Bidang seni dan budaya diadakan lomba paduan suara, baca puisi, musik akustik, karaoke, dan game. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan penanaman pohon (penghijauan) di wilayah Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul dan donor darah oleh dosen, karyawan, dan mahasiswa. Pidato Dies nanti akan disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Budi Santoso Wignyosukarto, Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta.

KEADAAN UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
1. Bidang Akademik dan Penjaminan Mutu
Berbagai kegiatan bidang akademik dan penjaminan mutu pada tahun 2008 ini adalah (a) peningkatan kualitas pembelajaran (dengan pelatihan pemanfaatan TIK bagi para dosen), (b) sosialisasi pemanfaatan Sistem Informasi Akademik, (c) sosialisasi dan pelatihan laporan EPSBED bagi para pejabat struktural, dosen, dan staf administrasi, (d) peningkatan kualitas dosen dalam penulisan artikel hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di tahun 2008 ada 13 orang dosen berhasil menulis artikel pada berbagai jurnal baik di lingkungan UPY maupun jurnal di perguruan tinggi lain; (e) peningkatan kualitas dosen dalam bidang penelitian, pada tahun 2008 ini ada 9 orang dosen berhasil memperoleh dana penelitian dari Ditjen Dikti melalui program penelitian hibah bersaing, peneliti muda dan kajian wanita, dan beberapa orang dosen memperoleh dana penelitian dan Kopertis Wilayah V, serta 27 orang dosen memperoleh dana penelitian dari UPY; (f) penelitian kualitas dosen di bidang pengabdian pada masyarakat (tahun 2008 ini 7 orang berhasil memperoleh dana pengabdian pada masyarakat dari Kopertis Wilayah V Yogyakarta, dan 20 orang dosen memperoleh dana pengabdian kepada masyarakat dari UPY, (g) dalam upaya merealisasikan penjaminan mutu, BPM melaksanakan studi banding ke perguruan tinggi lain, dan mengadakan sosialisasi kepada para dosen dan karyawan; (h) dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran bagi para dosen telah dibentuk Pusat Peningkaan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) dan Pusat Sumber Belajar (PSB); (i) untuk memfasilitasi pemanfaatan TIK bagi dosen dan mahasiswa juga telah dibentuk unit Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK); dan (j) dalam rangka mendukung program pemberantasan korupsi di Indonesia, maka UPY bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan Training of Trainer (TOT) bagi mahasiswa perguruan tinggi di DIY dan melaksanakan seminar tentang Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia.

2. Bidang Administrasi Umum dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Kegiatan bidang Administrasi Umum dan Pengembangan Sumber Daya Manusia meliputi (a) Peningkatan ketertiban dan administrasi persuratan, (b) Peningkatan ketertiban sistem administrasi kepegawaian (c) Peningkatan efektivitas jam kerja dosen dan karyawan, (d) Pengembangan sistem informasi akademik, kepegawaian, inventory dan keuangan yang terintegrasi dan sarana pembelajaran berbasis TIK, (e) Mengkoordinasikan rapat kerja dalam rangka penyusunan program kerja tahunan, (f) Mengkoordinasikan penyusunan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja UPY, (g) Peningkatan kemampuan (dosen dan karyawan) dalam pendayagunaan TIK, (h) Peningkatan kompetensi (studi lanjut) dan jabatan akademik dosen, tahun 2008 ini tiga orang dosen lulus Strata Dua (S2), tiga belas orang dosen sedang menempuh studi lanjut Strata Dua (S2), dan dua orang dosen sedang menempuh studi lanjut Strata Tiga (S3), (i) Penambahan jumlah pegawai, pada tahun 2008 ini menambah enam orang dosen tetap yayasan dan lima orang karyawan, (j) Sejumlah dosen didorong untuk meningkatkan jabatan akademik dan pangkatnya, serta (k) Lima belas orang dosen telah mengikuti program sertifikasi dosen.
Untuk meningkatkan kesejahteraan para dosen dan karyawan maka pada tahun 2008 telah dua kali dilakukan peninjauan terhadap gaji dan honorarium yaitu pada bulan Januari gaji pokok pegawai dinaikkan sebesar 25 % dan pada bulan September gaji pokok dinaikkan sebesar 20 %, tunjangan fungsional dosen 15 %, tunjangan uang makan 50 %, tunjangan insentif karyawan 66,67 %, transpor mengajar naik 30 % dan honorarium mengajar naik 25 %. Di samping itu pada bulan Juli kepada dosen tetap yayasan dan karyawan diberikan gaji ke-13.

Pengembangan sarana dan prasarana terus ditingkatkan dari tahun ke tahun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Universitas. Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan ruang perkantoran, perkuliahan, laboratorium, perpustakaan dan auditorium maka pada bulan Juni 2008 dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung oleh bapak Bupati Bantul. Alhamdulillah pada bulan November kemarin gedung empat lantai dengan basement yang diperkirakan menelan biaya sebesar sepuluh milyar telah dimulai pembangunannya. Diharapkan dengan selesainya pembangunan gedung tersebut maka UPY mampu memberikan pelayanan yang memadai dan memuaskan kepada stakeholders. Dengan demikian diharapkan eksistensi UPY semakin dikenal secara luas oleh berbagai kalangan dan berdampak positif (memiliki nilai tambah) bagi pembentukan citra (branch image) sesuai motto UPY sebagai Gerbang Kompetisi Masa Depan serta kepercayaan publik dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

3. Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama
Jumlah mahasiswa UPY pada tahun 2008 ini (semester gasal tahun akademik 2008/2009) adalah 2655 yang terdiri atas 2527 mahasiswa program S1; dan 128 mahasiswa program S2. Pada tahun 2008 ini berbagai kegiatan mahasiswa dilaksanakan dengan semarak baik tingkat universitas, fakultas, maupun program studi. Diantara kegiatan tersebut adalah (a) Pradiklatsar Camen UPY di SDN Krebet Sendangsari, (b) Raker, Kearaban, dan Pelatihan Kesekretariatan BEM UPY di Kaliurang, (c) Pendidikan Latihan Dasar Menwa di AAU Yogyakarta, (d) Latihan Dasar Kepemimpinan di Kaliurang, (e) Aksi donor darah dan pentas seni UKM Mapala dan UKM Musik, (f) Pelatihan Keracanaan dan Kepandegaan, (g) Rekoleksi dan Keakraban Keluarga Mahasiswa Kristiani (KMK) di Tawangmangu, (h) Diklat SAR di Purworejo, (i) Historia Expo dan Pentas Budaya; dan (j) OSPEK dan keakraban bagi mahasiswa baru.
Untuk memberikan motivasi belajar dan berprestasi kepada para mahasiswa, Pimpinan UPY berusaha mencari beasiswa dari berbagai sumber. Pada tahun 2008 ini, beasiswa yang berhasil diraih oleh mahasiswa UPY adalah sebagai berikut: (1) Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) sebanyak 17 mahasiswa setiap tahun sebesar Rp 3.000.000; (2) Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) sebanyak 26 mahasiswa setiap tahun sebesar Rp 3.000.000,-; (3) Beasiswa Supersemar sebanyak 2 mahasiswa setiap tahun Rp. 1.200.000,- (4) Beasiswa BKM sebanyak 262 mahasiswa masing-masing mendapatkan Rp 1.500.000,-; dan (5) Beasiswa bagi guru yang melanjutkan studi S1 sejumlah 750 orang masing-masing Rp 2.000.000,-.
Jumlah alumni sampai dengan wisuda hari ini sebesar 9119. Untuk menjalin hubungan timbal balik antara alumni dengan almamater maka para alumni diorganisir dalam wadah organisasi alumni, yaitu Keluarga Alumni Universitas PGRI Yogyakarta yang disingkat KAUPY. Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, maka pada tahun 2008 ini UPY mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantul, sekolah-sekolah mitra, dan Pusat Studi Korea UGM.

WISUDA SARJANA
Bertepatan dengan upacara dies natalis hari ini, baru saja kita saksikan wisuda sarjana yang diikuti oleh 424 peserta dari delapan program studi. Prestasi akademik yang berhasil dicapai oleh para wisudawan/wati cukup membanggakan karena 13,68 % berhasil lulus dengan predikat memuaskan, 79,48 % sangat memuaskan, dan 6,84 % dengan pujian (cum laude). Masa studi mahasiswa yang berhasil menyelesaikan 3,51 – 4,50 tahun: 33,58 %; 4,51 – 5,50 tahun: 55,47 %; 5,51 – 6,50 tahun: 6,33% %; dan yang lebih dari 6,50 tahun 4,62% %. Rata-rata masa studi yang ditempuh oleh wisudawan-wisudawati periode tahun 2008 adalah 4,86 tahun.

Atas nama pimpinan dan seluruh sivitas akademika kami menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Saudara menyelesaikan seluruh kegiatan akademik di UPY. Masa studi yang Saudara lalui sampai dengan wisuda hari ini akan menjadi pengalaman dan kenangan sendiri dalam sejarah kehidupan Saudara. Dengan bekal pengalaman, pengetahuan, dan kenangan tersebut Saudara jadikan modal dalam memasuki kehidupan nyata yang penuh dengan kompetisi ini. Transkrip nilai dan ijazah yang saudara peroleh hanyalah bukti formal sebagai legalitas dalam memasuki medan kompetisi tetapi pada hakekatnya yang menjadi materi kompetisi utama adalah kemampuan material saudara sendiri. Oleh karena itu kami berharap agar saudara secara terus menerus mau mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam rangka aktualisasi diri sehingga mampu berkiprah sebagai sarjana yang profesional.

Wisuda bukanlah akhir dari perjuangan hidup seseorang terutama dalam menuntut ilmu pengetahuan, karena menuntut ilmu berlangsung sepanjang hayat (minal mahdi ilal lahdi, life long learning). Oleh karena itu prasetya yang saudara ikrarkan tadi hendaknya terus dikumandangkan dan digelorakan dalam hati sanubari masing-masing serta diperjuangkan realisasinya dimanapun saudara nanti mengabdikan diri, sehingga pada akhirnya akan memiliki kontribusi yang sangat besar dalam upaya mewujudkan tujuan, misi, dan visi UPY tercinta. Berkenaan dengan telah diselenggarakannya Program Pasca-Sarjana (S2) Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Saudara para alumni memiliki peluang untuk dapat kembali melanjutkan studi di UPY. Bagi wisudawan dan wisudawati yang berhasil mencapai prestasi tertinggi tiap kelompok bidang ilmu diberikan hadiah dari Bank BNI Cabang Yogyakarta, sedangkan bagi mahasiswa aktif yang berhasil mencapai prestasi akademik terbaik masing-masing program studi diberikan penghargaan dalam bentuk pembebasan biaya SKS selama dua semester.

Baru saja tadi kita saksikan bersama bahwa wisudawan-wisudawati memberikan sumbangan sebesar Rp 41.300.000,00 (Empat puluh satu juta tiga ratus ribu rupiah) untuk pengembangan UPY dan khusus untuk pengembangan UPT Perpustakaan sebesar Rp 12.390.000,00 (Dua belas juta tiga ratus sembilan puluh ribu rupiah) sebagai tanda syukur atas keberhasilan yang dicapai. Atas nama pimpinan dan sivitas akademika, saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas sumbangan tersebut, dan berjanji akan memanfaatkan sumbangan tersebut sesuai tujuan dimaksud, teriring do’a mudah-mudahan menjadi amal jariyah bagi Saudara semua dan akan mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah Tuhan Yang Maha Pemurah. Amin.
Kepada orang tua dan keluarga wisudawa-wisudawati, melalui forum yang terhormat ini kami serahkan kembali putra-putri ibu dan bapak sekalian, kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan ibu dan bapak kepada UPY untuk mendidik putra-putri tercinta, semoga kesuksesan dalam meniti karier akan senantiasa menyertai mereka.

Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankan kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Mendiknas melalui Bapak Koordinator Kopertis Wilayah V DIY, Pemerintah Provinsi DIY khususnya Dinas Pendidikan dan Pengajaran beserta seluruh jajarannya, Pengurus APTISI beserta segenap jajaran PTN dan PTS di DIY, Pengurus PGRI Propinsi, Kabupaten, dan Kota di seluruh DIY beserta jajarannya, segenap jajaran Pemerintah Provinsi DIY, Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Sleman, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Purworejo, serta media massa baik cetak maupun elektronik atas terjalinnya kerjasama yang baik selama ini. Penghargaan dan ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Pengurus Besar PGRI, Pengurus YPLP PGRI Pusat, dan Pengurus YPLP-UPY atas pembinaan yang berjalan dengan baik selama ini. Demikian pula kepada Bapak Prof. Dr. Ir. Budi Santosa Wignyosukarto, Koordinator Kopertis Wilayah V yang telah berkenan menjadi Dies Reader, dan atas segala perhatian, bimbingan, dan bantuannya, serta berkenan hadir pada upacara dies dan wisuda hari ini kami sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih.

Kami menyadari bahwa pelaksanaan acara hari ini masih banyak kekurangan dan kelemahan, untuk itu atas nama pimpinan dan sivitas akademika serta Senat UPY, kami mohon maaf yang setulus-tulusnya. Akhirnya kami mohon do’a dan restu kepada para hadirin semua, agar perjuangan kami untuk mewujudkan UPY yang unggul sehingga motto Gerbang Kompetisi Masa Depan dapat menjadi kenyataan berkat ridlo Allah Subhanahu Wata’ala. Amin Ya Robbal Alamin.

Galeri Foto

 

Bimbingan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta

Jl. PGRI I, Sonosewu No. 117
PO BOX 1123 Yogyakarta 55182
Telp 1: +62 274 376808
Telp 2: +62 274 373038
Telp 3: +62 274 373192
Faximile: +62 274 376808

Email: info@bk-upy.com